Selasa, 04 Januari 2011

laporan PPL

LAPORAN OBSERVASI ORIENTASI
DI SEKOLAH DALAM RANGKA
PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN MAHASISWA
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR












OLEH
R A M L A H
10536 1830 07






PROGRAM STUDI STRATA 1
JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
2010


LEMBAR PENGESAHAN
Berdasarkan pengamatan tentang kegiatan observasi dan orientasi dilanjutkan dengan PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN pada SMP KARTIKA WIRABUANA 2 MAKASSAR yang dilaksanakan sejak 4 Agustus sampai Oktober 2010, dengan ini :
Nama : R A M L A H
Nim : 10536 1830 07
Jurusan : Pendidikan Matematika.
Fakultas : Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.
Benar–benar telah melaksanakan kegiatan observasi dan orientasi sesuai dengan petunjuk diri sebagai latihan,dan juga telah melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL), yang ditugaskan dari PPL Universitas Muhammadiyah Makassar.
Makassar, Oktober 2010.
Disahkan oleh:
Dosen Pembimbing Guru Pamong


ABDILLAH, S.Pd.,M.Pd RAMASIA, S.Pd
NIP. NIP.19631231.198403.2.087




Mengetahui :
Kepala Sekolah SMP KARTIKA WIRABUANA 2
MAKASSAR


H. IMRAN PASANG, S.Pd
NIP : 19591231.198602.1.064
PENILAIAN
Berdasarkan hasil pengamatan tentang kegiatan observasi dan orientasi di sekolah tempat dilaksanakannya PPL terutama mengenai:
1. Disiplin menjalankan tugas
2. Kelancaran dalam menjalankan setiap kegiatan sesuai petunjuk guru pamong dan dosen pembimbing
3. Kualitas dan kuantitas hasil kegiatan yang dilaporkan dalam buku pencatatan ini, maka guru pamong dan dosen pembimbing memberikan nilai untuk kegiatan observasi dan orientasi kepada:
Nama : R A M L A H
Nim : 105 36 1830 07
Jurusan : Pendidikan Matematika
Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Angka Huruf

Makassar, Oktober 2010
Disahkan oleh:
Dosen Pembimbing Guru Pamong

ABDILLAH, S.Pd.,M.Pd. RAMASIA, S.Pd
NIP. NIP. 19631231.198403.2.087


Kepala Sekolah
SMP Kartika Wirabuana -2 Makassar



H. IMRAN PASANG, S.Pd.
NIP:19591231.198602.1.064
KATA PENGANTAR
Bismillahirrahmanirahim
Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah segala puji bagi Allah SWT, Tuhan Pelimpah Cahaya, Pembuka Penglihat, Penyingkap Rahasia, dan Penyibak Selubung Tirai, karena dengan izin-Nya jualah penyusunan buku pencatatan observasi dalam rangka kegiatan PPL sebagai bahan laporan dapat diselesaikan, walaupun dalam bentuk yang sangat sederhana.

Laporan ini sebagai salah satu syarat dalam rangka penyelesaian Praktek Pengalaman Lapangan ( PPL ) yang merupakan salah satu mata kuliah non tatap muka atau mata kuliah praktek yang dilakukan di sekolah yang ditunjuk dalam hal ini adalah SMP KARTIKA WIRABUANA 2 MAKASSAR.

Disadari sepenuhnya bahwa penulisan laporan ini tidak mungkin terwujud tanpa bantuan dan dorongan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, sudah sepantasnyalah jika penulis mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada :
1. Ibunda dan ayahanda yang tercinta.
2. Bapak Dr. Andi Sukri Syamsuri, M.Hum., Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.
3. Bapak Drs.Baharullah, M.Pd., Ketua Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.
4. Bapak Mukhlis, S.Pd., M.Pd., Sekertaris Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.
5. Bapak Abdillah, S.Pd., M.Pd., Dosen pembimbing yang dengan ikhlas meluangkan waktunya membimbing kami.
6. Bapak H. Imran Pasang, S.Pd., Kepala SMP Wirabuana 2 Makassar atas segala bantuan yang diberikan selama pelaksanaan PPL.
7. Ibu Ramasia, S.Pd, Guru pamong yang dengan ikhlas menyatakan kesediaannya menerima dan membimbing kami selama pelaksanaan PPL.
8. Bapak / Ibu guru serta seluruh staf tata usaha SMP Wirabuana 2 Makassar yang telah memberika bantuannya selama ini.
9. Rekan-rekan mahasiswa PPL atas kerjasama yang dilakukan selama ini, sehingga pelaksanaan PPl sesuai dengan yang diharapkan .
10. Adik-adik siswa / siswi SMP Wirabuana 2 Makassar atas kerjasama, motivasi, dan semangatnya dalam mengikuti proses kegiatan belajar mengajar
11. Serta semua pihak yang telah memberikan bantuannya yang tidak sempat disebutkan namanya.

Akhirnya tak ada gading yang tak retak,tak ada ilmu yang memiliki kebenaran mutlak, tak ada kekuatan dan kesempurnaan, semuanya hanyalah milik Allah SWT, karena itu kritik dan sarn yang sifatnya membangun guna penyempurnaan dan perbaikkan laporan ini senantiasa dinantikan dengan penuh keterbukaan.

Semoga Allah SWT membalas kasih sayang, cinta dan ketulusan yang telah diurahkan kepada kita semua. Amin

Wassalamu Alaikum Wr. Wb


Makassar, Oktober 2010


Mahasiswa PPL






KEGIATAN OBSERVASI DAN ORIENTASI
DI SMP KARTIKA WIRABUANA 2 MAKASSAR
A. JENIS KEGIATAN
Kegiatan observasi (N1) di sekolah dalam rangka praktek ini adalah sebagai berikut :
1. Berkenalan dengan kepala sekolah, guru pamong, guru-guru lain dan staf sekolah yang lainnya.
2. Mengenali lokasi sekolah, gedung sekolah, fasilitas-fasilitas dan ruangan-ruangan lainnya.
3. Menanyakan kepada guru pamong tentang tugas-tugas seorang guru di sekolah, tata tertib sekolah baik tata tertib untuk guru / staf sekolah lainnya, tata tertib untuk siswa maupun untuk tata tertib mahasiswa calon guru yang sedang melaksanakan praktek lapangan
4. Berkenalan dengan siswa-siswa terutama nama-nama siswa dimana kelas mahasiswa praktek.
5. Mempelajari dan mencatat model rancangan pembelajaran guru pamong di sekolah.
6. Mengobservasi kegiatan belajar mengajar guru pamong.
7. Kegiatan Non Mengajar (N2).
8. Penilaian Kegiatan Mengajar N3).
9. Menyampaikan hasil observasi dan orientasi ini kepada guru pamong dan ditandatangani dosen pembimbing, serta diberi nilai.
10. Kegiatan mengajar.
B. WAKTU KEGIATAN
Kegiatan observasi dan orientasi ini dilaksanakan selama lebih kurang sepuluh minggu mulai tanggal 4 Agustus hingga 25 Oktober 2010.
C. PEMBIMBINGAN
1. Dosen pembimbing mengantarkan mahasiswa asuhannya ke sekolah dan memperkenalkan mereka kepada kepala sekolah dan guru pamong serta menjelaskan tugas-tugas yang akan dikerjakan.
2. Pelaksanaan kegiatan selanjutnya dikoordinasikan oleh guru pamong dan dosen pembimbing.


D. PENTUNJUK PENILAIAN
• Komponen yang dinilai
1. Observasi Orientasi (N1)
2. Non Mengajar (N2)
3. Praktek Mengajar (N3)
• Skor Penilaian
1 = gagal 3 = baik
2 = cukup 4 = baik sekali
• Nilai akhir













KEGIATAN OBSERVASI ORIENTASI
DI SEKOLAH LATIHAN
KEGIATAN I
Berkenalan dengan pimpinan sekolah, guru pamong, guru-guru lain dan staf tata usaha
1. Nama-nama pimpinan sekolah
No Nama Jabatan Alamat
1 Ketua yayasan
2 H. Imran Pasang, S.Pd Kepala Sekolah Jl.Manggala Dalam N IV
3
4 Syarifuddin, S.Pd
Munir Wakil Kepala Sekolah
Kepala Tata Usaha BTP Blok F
BTN MINASAUPA Blok AB 10 / 14

2. Nama guru pamong dan guru-guru lain
No Nama Jabatan Alamat
1 Drs. Syaharuddin Guru Biologi Antang Bangkala 11/7 Blok I
2 Alimin, S.Pd Guru IPS Ekonomi BTN Citra B2/7
3 Yohanis K S.Pd Guru Fisika Jl.J.Ponto VIII Perum.Sudiang
4 Sulfa Qadir S.Pd Guru PKK Jl.Nipa-Nipa Dalam 55 Blok B
5 Djuliani Tahir Guru Seni Tari Jl.S.Limboto No.63 A
6 Ismail Ishak, BA. Guru Pend. Agama BTP Blok A No.198
7 Ramasia, S.Pd Guru Pamong Jl.Rotanda 5 / 19
8 Yohana RG Guru Matematika BTP Blok A No.810
9 Najemah, S.Pd Guru IPS Geografi Jl.Datu Ribandang No.49
10 Muh.Amin, S.Pd Guru Bhs.Indonesia BTN BP Blok A / 9
11 Jamaluddin, S.Ag Guru Pend.Agama Imtak ASWIP II Blok A No.9
12 Hasriah, S.Pd Guru Bhs.Indonesia Jln.Sukabumi
13 Masnurani, S.Pd Guru Kimia Perum.Antang
14 Yunus Sattu, S.Th Guru Agama Kristen Perum.Sudiang Blok J
15 Awaluddin, S.Or Guru Olahraga BTN Minasaupa Blok G III / 19
16 Lorentius Guru Pend.Kristen Protestan Perum.Akper St Maris Blok 13
18 Muslimin, S.Ag Guru Seni Rupa BTN TABARIA

3. Nama staf tata usaha
No Nama Jabatan Alamat
1 Munir Kepala Tata Usaha BTN Minasaupa Blok AB 10 / 14
2 Helmiati Bendahara Jln.Rajawali II Lr.13 A
3 Jumadi Ahmad Staf Perpustakaan Tidung X No.109
4 Farida Djafar Staf Tata Usaha Komp.SMK Kartika 1

4. Kesan saya dalam perkenalan ini :
Kesan saya dalam perkenalan adalah sangat akrab dan menyenangkan
5. Manfaat yang saya peroleh dalam perkenalan ini :
a. Memahami dan mengetahui kondisi sekolah
b. Dapat mengenal dan menjalin silaturrahim dengan kepala sekolah, guru-guru, dan staf tata usaha sehingga memudahkan kami untuk menjalin komunikasi jika terdapat suatu masalah dalam proses praktek mengajar..
c. Dapat mengetahui suka duka, serta hambatan-hambatan yang ditemui sorang guru di dalam menjalankan tuganya.
d. Dapat mengetahui jabatan, tugas, dan fungsi masing-masing tenaga kependidikan




KEGIATAN II
Mengenal lokasi sekolah, gedung sekolah, ruang kelas, kantor dan fasilitas lainnya.
1. Nama dan Lokasi sekolah
Nama sekolah : SMP KARTIKA WIRABUANA 2 MAKASSAR
Letak Sekolah : Dalam Kota
Alamat Sekolah : Jl. Jend. Urip Sumoharjo KM 4
2. Kondisi Gedung/Bangunan Sekolah
NO Jenis, Ruangan, Gedung Sekolah Jumlah/Luas Keterangan
1. Ruang Kepala Sekolah 1 buah Berfungsi
2. Ruang Wakasek 1 buah Berfungsi
3. Ruang Dewan Guru 1 buah Berfungsi
4. Ruang Tata Usaha 1 buah Berfungsi
5. Ruang BP/UKS 1 buah Berfungsi
6. Ruangan Kelas untuk Belajar 7 buah Berfungsi
7. Ruang Osis / Pramuka 1 buah Berfungsi
8. Aula / Tempat Pertemuan 1 buah Berfungsi
9. Laboratorium 3 buah Berfungsi
10. Perpustakaan 1 buah Berfungsi
11. Asrama 1 buah Berfungsi
12. Mushollah 1 buah Berfungsi
13. WC / Kamar Kecil 3 buah Berfungsi
14. Gudang 1 buah Berfungsi
15. Kantin 1 buah Berfungsi
16. Halaman Sekolah 1 buah Berfungsi
17. Tempat Parkir 1 buah Berfungsi
18. Lapangan Upacara 1 buah Berfungsi


1. Kesan saudara terhadap kondisi gedung, kelas dan ruangan lainnya :
Cukup memadai untuk berlangsungnya proses kegiatan belajar mengajar

2. Manfaat yang saudara peroleh dengan kegiatan pengenalan gedung dan fasilitas sekolah tersebut :
a. Dapat mengetahui dengan jelas lokasi tempat PPL.
b. Dapat mengetahui gedung sekolah tempat PPL sehingga mempermudah dalam melaksanakan tugas.
c. Dapat mengetahui sarana dan prasarana sekolah sehingga memperlancar kegiatan PPL.
d. Memahami dan memikirkan untuk menggunakan sarana dan prasarana sekolah seefektif mungkin dalam pelaksanaan tugas mengajar.















KEGIATAN III

Mempelajari tugas-tugas di sekolah, tata tertib sekolah baik untuk guru maupun siswa.
1. Tugas Kepala Sekolah :
a. Menyusun perencanaan, membuat program kegiatan, dan pelaksanaan program
b. Pengorganisasian
c. Pengarahan
d. Ketenagaan
e. Pengkoordinasian
f. Pengawasan
g. Penilaian
h. Identifikasi dan pengumpulan data

2. Tugas Guru Kelas / Wali Kelas
a. Pengelolaan kelas
b. Penyelenggaraan administrasi kelas
• Denah kelas
• Papan absensi
• Daftar pelajaran kelas
• Buku absensi siswa
• Buku kegiatan pembelajaran / jurnal kelas
• Tata tertib siswa
c. Pembuatan statistika bulanan siswa
d. Daftar kumpulan nilai siswa
e. Catatan khusus siswa
f. Mutasi siswa
g. Pengisian buku laporan pendidikan
h. Pembagian buku laporan pendidikan
3. Tugas Tata Usaha
a. Menyusun program kerja tata usaha sekolah
b. Pengelolaan keuangan sekolah / bendahara
c. Pengawasan administrasi ketenagaan dan kesiswaan
d. Pembinaan karir pengawas tata usaha
e. Administrasi perlengkapan sekolah
f. Data statistic sekolah
g. Menyusun laporan

4. Tata Tertib Sekolah
a. Tata tertib untuk siswa
 Memakai seragam sekolah
 Dilarang berambut gondrong
 Dilarang meninggalkan ruangan tanpa izin semeentara pelajaran berlangsung
 Dilarang memakai sandal
 Dilarang mengganggu kawan di dalam kelas terlebih sementara pelajaran berlangsung
 Dilarang naik sepeda apabila keluar masuk pada pintu gerbang
 Dilarang membawa atau mengisap rokok
 Dilarang membawa atau membaca komik, majalah atau sejenisnya
 Tidak dibenarkan campur tangan orang tua dari luar terhadap sekolah kecuali diminta dari yang berwenang
 Dilarang menunggalkan sekolah kecuali mendapat izin dari guru atau pihak sekolah
 Perselisihan dari luar sekolah tidak boleh dibawa ke sekolah begitu pula sebaliknya
 Dilarang menerima tamu di kelas
 Dilarang membawa senjata api/tajam
 Dilarang menggunakan HP di dalam kelas

b. Tata tertib kebersihan
 Dilarang makan permen atau makanan dan sejenisnya di dalam kelas
 Dilarang buang sampah disembarang tempat (lingkungan sekolah)
 Dilarang mencoret-coret meja/bangku atau mengotori tembok di dalam kelas maupun di luar kelas (lingkungan sekolah)
 Bagi siswa yang bertugas membersihkan ruang kelas diharapkan dating lebih awal
 Sebelum siswa meninggalkan kelas (pulang) kelas sudah dalam keadaan bersih

Sangsi !!!
“ Bagi siswa yang melanggar aturan tata tertib tersebut di atas akan dikenakan sangsi/hukuman sesuai dengan peraturan sekolah”

















KEGIATAN IV
Berkenalan dengan siswa dan menulis nama- nama siswa, kelas tempat mahasiswa akan praktek dan membuat denahnya.
Nama-Nama Siswa kelas VIII B
SMP KARTIKA WIRABUWANA 2 MAKASSA
NO NIS NAMA SISWA L/P KET
1 MUH. MUSAWIR ARIFIN L
2 MUH. SYAMSI NURSAFAAT L
3 MUH. DIMAS WIBAWA L
4 MUHAMMAD FADIL L
5 NASRAH P
6 NUR ATIFA ASY P
7 NUR QADRI AMINAH P
8 NUR ASMIA ALIMIN P
9 NURUL ANNISA P
10 NURUL AULIA HUSAIN P
11 NURUL INZANI P
12 NURSYAMSURYADI L
13 OKTAVIA LISA SAPAN P
14 REZKY AINUN INDAH SARI P
15 REZKY WIINDISARI NATSIR P
16 REZHA RISKY SYAFAR P
17 RIDWAN Y L
18 RISKY MOLA S P
19 SYAIFUL HARIMAN L
20 SAMUEL MAROLOP A. S L
21 SEPTIAN IDRIS L
21 SERLI P
23 SAHRIADI L
24 SRY HARDIANTI P
25 SRY WULANDARI P
26 ST. FATIMAH DAHLAN P
27 ST. MUNAWARA P
28 ST. NNURALIZA MAWA’DA P
29 STEVI YULIANA MANILANG P
30 ULFATUN ABRIANI P
31 WIDYA LESTARI HANDRING P
32 WIDYA YULISLAMIA M P
33 WINDA P
34 WINDI DAMAYANTI P
35 YUDI YUSUF L
36 UH. NUR IMAM L
37 SHINTA SRIKANDY P
38 WIRA SYAM L





KEGIATAN V

1. Mencatat model rancangan pembelajaran guru pamong di sekolah
Model persiapan mengajar guru pamong :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah : SMP KARTIKA WRB 2 MAKASSAR
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VIII / Gasal

1. Identitas Mata Pelajaran
a. Sekolah
b. Mata Pelajaran
c. Kelas/semester
2. Kompetensi Dasar
a. Standar Kompetansi
b. Kompetansi Dasar
c. Indicator
d. Alokasi Waktu
3. Tujuan Pembelajaran
4. Materi Ajar
5. Strategi Pembelajaran
6. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Kegiatan awal
• Apersepsi
• Motivasi
b. Kegiatan Inti
c. Kegiatan Akhir
7. Perangkat Pembelajaran
a. Alat
b. Sumber
8. Penilaian
a. Tehnik
b. Bentuk Instrumen
c. Contoh Instrumen
Makassar, Agustus 2010
Mahasiswa PPL


R A M L A H
NIM. 10536 1830 07

Mengetahui ;
Dosen Pembimbing Guru Pamong


Abdillah., S.Pd., M.Pd Ramasia, S.Pd
NIP. NIP. 19631231.198403.2.087

Kepala Sekolah
SMP Kartika Wirabuana -2 Makassar




H. Imran Pasang, S.Pd
NIP : 19591231.198602.1.064


2. Kesan
Dari model rancangan pembelajaran guru pamong di sekolah kita dapat memperoleh manfaat dan pengetahuan yaitu memahami dan mengetahui secara jelas bagaimana merumuskan tujuan pembelajaran dan menyadari pentingnya persiapan mengajar guru berpengaruh terhadap kualitas didiknya.
KEGIATAN VI
1. Observasi kegiatan belajar mengajar :
Nama guru : R A M L A H
Kelas : VIII B
No Cara Mengajar/Kegiatan/Kegiatan Mengajar Ya Tidak Ket
1 Memulai pelajaran ( salam,doa,apersepsi) ya
2 Membuka pelajaran ya
3 Memberikan/melakukan pertanyaan ya
4 Memberikan penguatan/keterangan Mengajar ya
5 Menjelaskan materi secara sistematis ya
6 Menggunakan media/alat peraga ya
7 Antusias dalam kegiatan mengajar ya
8 Mengelola pembelajaran dengan diskusi ya
9 Adanya variasi/gaya guru ya
10 Bahasa yang mudah dan jelas ya
11 Menulis di papan tulis bagian yang di jelaskan ya
12 Memberikan kesempatan murid untuk bertanya ya
13 Mengadakan kesimpulan ya
14 Melaksanakan penilaian ya

1. Dari observasi pelaksanaan guru pamong itu, kami memperoleh manfaat:
a. Memperoleh gambaran tentang cara dan tehnik mengajar yang baik.
b. Dari cara mengajar guru pamong, maka dapat diperoleh pendekatan tentang tehnik dan metode yang digunakan.
c. Dapat membandingkan metode tersebut dengan teori yang diperoleh dari perkuliahan dan selanjutnya memadukan keduanya dalam pelaksanaan praktek.
d. Mengetahui kebiasaan-kebiasaan dan perilaku ssiswa sehingga memadukan pada saat praktek.
e. Menjadi seorang pendidik tidak hanya sekedar mentrasfer pengetahuan kepada siswa, tetapi pendidik harus berusaha sedemikian rupa, sehingga apa yang disampaikan oleh guru dapat dimengerti oleh siswa.

2. Kesan saya terhadap cara mengajar guru pamong itu adalah:
Sangat menarik karena siswa sangat antusias dalam mengikuti pelajaran sehingga mampu memicu siswa untuk meningkatkan kemampuan intelektualnya melalui metode dan pendekatan yang fariasi dan cara pengajaran guru pamong yang sangat mudah ditangkap oleh siswa karena penjelasan materi dari guru sangat sistematis.










KEGIATAN VII

Merencanakan program praktek kegiatan selanjutnya.
1. Tugas-tugas itu meliputi:
a. Minimal dua belas (12) kali praktek mengajar.
b. Satu kali evaluasi hasil belajar (Mid Semester)
c. Ujian praktek mengajar
2. Tugas-tugas Non-teaching
a. Melaksanakan minimal dua macam administrasi kelas.
b. Melaksanakan bimbingan belajar, mengidentifikasi cita – cita dan masalah yang dihadapi siswa
c. Mempelajari dan mencatat hasil ujian siswa
d. Mengikuti upacara setiap hari senin

KEGIATAN NON MENGAJAR
(N2)
No Hari/tanggal Nama kegiatan Tempat Paraf Guru Pamong
1 Senin / 09-08-2010 Upacara Bendera Lapangan Sekolah
2 Senin / 23-08-2010 Upacara Bendera Lapangan Sekolah
3 Senin / 20-09-2010 Upacara Bendera Lapangan Sekolah
4 Senin / 27-09-2010 Upacara Bendera Lapangan Sekolah
5 Senin / 04-10-2010 Upacara Bendera Lapangan Sekolah
6 Rabu / 06-10-2010 LES Kelas VIII A Ruangan Kelas VIII A
7 Kamis/ 08-10-2010 LES Kelas VIII A Ruangan Kelas VIII A
8 Senin / 11-10-2010 Upacara Bendera Lapangan Sekolah
9 Rabu / 13-10-2010 Melatih upacara Lapangan sekolah
12 Senin / 18-10-2010 Upacara Bendera Lapangan Sekolah
13 Senin / 18-10-2010 Mengawas MID Semester Sekolah
14 Rabu / 20-10-2010 Mengawas MID Semester Sekolah

Nilai (N2) : 1 2 3 4 (lingkari nilai yang dimaksud)
Huruf :
Dosen Pembimbing Guru Pamong

ABDILLAH, S.Pd., M.Pd RAMASIA, S.Pd
NIP. NIP.19631231.198403.2.087





























PENILAIAN
OBSERVASI DAN ORIENTASI
( N 1 )
Berdasarkan pengamatan terhadap orientasi observasi yang dilakukan oleh mahasiswa PPL di sekolah :
Nama : R A M L A H
Stambuk : 10536 1830 07
Jurusan : Pendidikan Matematika
Maka sepakat guru pamong dan dosen pembimbing memberikan nilai (N1) :
Angka : 1, 2, 3, 4, = (lingkari nilai yang dimaksud)
Huruf :

Makassar, Oktober 2010


Dosen Pembimbing Guru Pamong



ABDILLAH, S.Pd., M.Pd RAMASIA, S.Pd
NIP. NIP.19631231.198403.087






KEGIATAN PRAKTEK MENGAJAR

A. Jadwal Kegiatan Praktek Mengajar

NO Hari / Tanggal Pokok Bahasan / Indikator Jam Pelajaran Kelas Buku Sumber Ket.
1. Senin /
23 – 8 - 2010 Ulangan Harian I - II VIIIB Matematika (Erlangga) SMP kls VIII dan LKS SMP kls VIII Terlaksana
2. sabtu /
28 – 8 -2010 Pembahasan soal Ulangan yang sulit V VIIIB Matematika (Erlangga) SMP kls VIII dan LKS SMP kls VIII Terlaksana
3. senin
30-8-2010 REMEDIAL I - II VIIIB Matematika (Erlangga) SMP kls VIII dan LKS SMP kls VIII Terlaksana
4. rabu /
02 -09- 2010 Menjelaskan dengan kata-kata dan menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan relasi dan fungsi
I - II VIIIB Matematika (Erlangga) SMP kls VIII dan LKS SMP kls VIII Terlaksana
5. senin /
20-9-2010 Menyatakan suatu fungsi dengan notasi V VIIIB Matematika (Erlangga) SMP kls VIII dan LKS SMP kls VIII Terlaksana
6. rabu /
22-9-2010 Menghitung nilai fungsi I - II VIIIB Matematika (Erlangga) SMP kls VIII dan LKS SMP kls VIII Terlaksana
7. sabtu /
25-9-2010 Menentukan bentuk fungsi jika nilai dan data fungsi diketahui V VIIIB Matematika (Erlangga) SMP kls VIII dan LKS SMP kls VIII Terlaksana
8. Rabu
29-9-2010 Menentukan bentuk fungsi jika nilai dan data fungsi diketahui dan menyusun tabel pasangan nilai peubah dengan nilai fungsi
I - II VIIIB Matematika (Erlangga) SMP kls VIII dan LKS SMP kls VIII Terlaksana
9. senin /
4-10-2010 Menyusun tabel pasangan nilai peubah dengan nilai fungsi
V VIIIB Matematika (Erlangga) SMP kls VIII dan LKS SMP kls VIII Terlaksana
10. sabtu /
09-10-2010 Ulangan Harian I - II VIIIB Matematika (Erlangga) SMP kls VIII dan LKS SMP kls VIII Terlaksana
11. Senin /
11-10-2010 REMEDIAL I - II VIIIB Matematika (Erlangga) SMP kls VIII dan LKS SMP kls VIII Terlaksana
12. Rabu /
13-10-2010 Mengenal pengertian gradien garis lurus
V VIIIB Matematika (Erlangga) SMP kls VIII dan LKS SMP kls VIII Terlaksana
13. SABTU /
16-10-2010 Menentukan gradien garis lurus dalam berbagai bentuk garis
I - II VIIIB Matematika (Erlangga) SMP kls VIII dan LKS SMP kls VIII Terlaksana
14. Senin /
18-10-2010 MID SEMESTER I - II VIIIB Matematika (Erlangga) SMP kls VIII dan LKS SMP kls VIII
Terlaksana
15. sabtu /
23-10-2010 REMADIAL V VIIIB Matematika (Erlangga) SMP kls VIII dan LKS SMP kls VIII
Terlaksana
16. Senin /
25-10-2010 Menggambar grafk garis lurus I - II VIIIB Matematika (Erlangga) SMP kls VIII dan LKS SMP kls VIII Terlaksana
17 rabu /
27-10-2010 MEMBAHAS SOAL – SOAL I - II VIIIB Matematika (Erlangga) SMP kls VIII dan LKS SMP kls VIII Terlaksana
18. sabtu /
30-10-2010 remedial I - II VIIIB LKS SMP kls VIII Terlaksana


B. Penilaian Kegiatan Mengajar ( N 3 )
NO Aspek yang Dinilai Pelaksanaan Praktek Mengajar Ket/tgl Mengajar
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14
1 Rancangan Pembelajaran / RPP 1.23–8-2010
2 Rancangan Alat Penilaian/soal/LKS 2.25-8-2010
3 Kualitas Tulisan 3.27-8-2010
4 Memulai pelajaran 4.30-8-2010
5 Ketepatan menggunakan (metode mengajar) 5.01-9-2010
6 Memberikan pertanyaan 6.20-9-2010
7 Menjelaskan materi secara sistematis 7.22-9-2010
8 Memberikan penguatan 8.24-92010
9 Penggunaan median/alat peragaan 9.29-9-2010
10 Penyajian materi dengan diskusi 10.1-10-2010
11 Pengelolaan kelas 11.4-10-2010
12 Pengguanaan bahasa yang baik/benar 12.6-10-2010
13 Ketepatan waktu belajar-mengajar 13.8-10-2010
14 Interaksi calon guru terhadap Kepsek 14.11-10-2010
15 Interaksi calon guru terhadap guru pamong 15.13-10-2010
16 Interaksi calon guru terhadap guru siswa 16.18-10-2010
17 Etika berpakaian
17.22-10-2010
18 Rata-rata ( N3 ) = ……………….


Nilai :
1 = gagal 3 = baik
2 = cukup 4 = baik sekali

Makassar, Oktober 2010

Dosen Pembimbing Guru Pamong


Abdillah, S.Pd., M.Pd Ramasia, S.Pd
NIP. NIP.19631231.198403.2.097



















PENILAIAN
Berdasarkan pengamatan terhadap observasi orientasi kegiatan non mengajar dan praktek mengajar yang dilakukan oleh mahasiswa PPL di Sekolah :
Nama : R A M L A H
Nim : 105 36 1830 07
Jurusan : Pendidikan Matematika
Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Maka nilai akhirnya :


Nilai Huruf : \ Nilai Angka::

Makassar, Oktober 2010
Disahkan oleh:
Dosen Pembimbing Guru Pamong


ABDILLAH, S.Pd.,M.Pd RAMASIA, S.Pd
NIP. NIP.19631231.198403.2.087

Mengetahui :
Kepala Sekolah SMP WIRABUANA 2
MAKASSAR


H. IMRAN PASANG, S.Pd
NIP : 19591231.198602.1.064














KETERANGAN DENAH SEKOLAH SMP KARTIKA WIRABUANA 2 MAKASSAR


 Ruang Kepala Sekolah
 2 Ruang Tata Usaha / Pembantu Kepsek
 2a Dapur
 2b KM / WC Guru
 3 Ruang Dewan Guru
 4 Ruang Kelas VII.B
 5 Ruang kelas VII.A
 6 Ruang BP / UKS
 7a KM / WC Putri
 7b KM / WC Putra
 7c Tower Air
 8 Gudang
 9 Ruang Osis / Ruang Pramuka
 10 Ruang Kelas IX.C
 11 Ruang Kelas IX.B
 12 Ruang Kelas IX.A
 13 Ruang Kelas VIII.A
 14 Ruang Kelas VIII.B
 15 Ruang Lab. Bahasa
 16 Ruang Perpustakaan
 17 Ruang Perpustakaan
 18 Ruang Lab. Biologi
 19 Ruang Lab. Fisika
 20 Lapangan Upacara


II. LEC UP II

 A .Kantor Lec
 B .AULA
 C .Pos
 D .Gedung / Ruang Gemset
 E .Ruang Kelas
 F .Kantin
 G .Dapur
 KM / WC
 Ruang Makan
 J .Asrama
 K .Tower Air
 Lapangan Parkir














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP KARTIKA WRB 2 MAKASSAR
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VIII / Gasal
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit

A. Standar Kompetensi
1.Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus
B. Kompetensi Dasar
1.3 Memahami konsep relasi dan fungsi
C. Indikator
1. Menjelaskan dengan kata-kata dan menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan relasi dan fungsi
D. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat membedakan relasi dan fungsi
E. Materi Pokok : Relasi dan fungsi
F. Sumber / Bahan / Alat
1. Sumber / bahan
• Buku matematika SMP untuk kelas VIII (ERLANGGA halaman 48 – 51)
• Buku referensi lain
• LKS ( halaman 13 – 17 )
2. Alat
• Alat tulis
G. Strategi Pembelajaran
• Model pembelajaran : Pembelajaran Langsung
• Metode pembelajaran : Ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas
H. Langkah – langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Guru membuka pelajaran dengan memberikan salam dan meminta ketua kelas untuk memimpin do’a.
b. Guru mengecek kehadiran siswa
c. Guru mempersiapkan siswa untuk belajar dan memberikan motivasi dengan menjelaskan pentingnya materi ini.
d. Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari dan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Guru mempresentasikan pengetahuan tentang relasi dan fungsi.
b. Memberikan contoh soal yang berkaitan dengan masalah kehidupan sehari – hari
c. Beberapa orang siswa diminta kedepan untuk mengerjakan soal relasi dan fungsi dari LKS
d. Guru mengarahkan siswa dalam menyelesaikan soal dengan benar.
e. Memberi penghargaan kepada siswa yang bisa menjawab soal dengan benar.
f. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal yang belum jelas diketahui dari materi yang dipelajari.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru mengarahkan siswa merangkum materi yang dipelajari
b. Memberikan Pekerjaan Rumah ( PR ) kepada siswa sebagai latihan
c. Menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan memotivasi siswa.
d. Guru mengakhiri pertemuan dengan mengucapkan salam.
I. Penilaian
a. Teknik : Hasil tes
b. Bentuk instrument : Pertanyaan tertulis
c. Prosedur penilaian : Penilaian individu yaitu keaktifan siswa dalam memberikan pertanyaan dan memjawab pertanyaan yang diberikan,penilaian sikap dan kehadiran.
J. Instrumen Penilaian
1. Buatlah relasi “ kurang dari “ dari himpunan A = { 2, 4, 6 } ke himpunan B = {1, 4, 5, 8 } dinyatakan dengan :
a. Diagram panah
b. Diagram kartesius
c. Pasangan berurutan.
2. Buatlah contoh relasi dan fungsi yang berkaitan dengan kehidupan sehari – hari !

Pembahasan Instrumen
1. Diket : A = { 2, 4, 6 } B = {1, 4, 5, 8 }
a. Diagram panah

A B
2 1
4 4
6 5
8

b. Diagram kartesius
y
8 .

5
4

1

2 4 6 X

c. Himpunan Pasangan Berurutan
{ ( 2,4 ), ( 2,5 ), ( 2,8 ), ( 4,5 ), (4,8 ), ( 6,8 ) }
2. Contoh relasi dan fungsi






a. Contoh relasi
Relasi kakak dari :

Netti Agus
Dundu Gusti
Ady Anwar
Anna

b. Contoh fungsi :
Relasi antara himpunan manusia dengan tanggal lahirnya

Agus 15
Gusti 20
Anwar 12
Anna 9

Makassar, 30 Agustus 2010
Mahasiswa PPL


R A M L A H
NIM. 10536 1830 07

Mengetahui ;
Dosen Pembimbing Guru Pamong


Abdillah, S.Pd., M.Pd Ramasia, S.Pd
NIP. NIP.19631231.198403.2.087

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP KARTIKA WRB 2 MAKASSAR
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VIII / Gasal
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit

A. Standar Kompetensi
1.Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus
B. Kompetensi Dasar
1.3 Memahami konsep relasi dan fungsi
C. Indikator
2. Menyatakan suatu fungsi dengan notasi
D. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat suatu fungsi dengan notasi
E. Materi Pokok : Fungsi
F. Sumber / Bahan / Alat
1. Sumber / bahan
• Buku matematika SMP untuk kelas VIII (ERLANGGA halaman 51 – 53 )
• Buku referensi lain
• LKS ( halaman 18 )
2. Alat
• Alat tulis
G. Strategi Pembelajaran
• Model pembelajaran : Pembelajaran Langsung
• Metode pembelajaran : Ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas
H. Langkah – langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Guru membuka pelajaran dengan memberikan salam dan meminta ketua kelas untuk memimpin do’a.
b. Guru mengecek kehadiran siswa
c. Guru membahas PR yang sulit
d. Guru mempersiapkan siswa untuk belajar dan memberikan motivasi dengan menjelaskan pentingnya materi ini.
e. Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari dan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Guru mempresentasikan pengetahuan tentang menyatakan notasi suatu fungsi.
b. Memberikan contoh soal.
c. Guru memberikan soal latihan ( tugas ) dari LKS dan membimbing siswa mengerjakan soal apabila ada yang mengalami kesulitan.
d. Mengumpulkan tugas siswa.
e. Beberapa orang siswa diminta kedepan untuk mengerjakan soal notasi fungsi dari LKS.
f. Guru mengarahkan siswa dalam menyelesaikan soal dengan benar.
g. Memberi penghargaan kepada siswa yang bisa menjawab soal dengan benar.
h. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal yang belum jelas diketahui dari materi yang dipelajari.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru mengarahkan siswa merangkum materi yang dipelajari
b. Memberikan Pekerjaan Rumah ( PR ) kepada siswa sebagai latihan
c. Menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan memotivasi siswa.
d. Guru mengakhiri pertemuan dengan mengucapkan salam.
I. Penilaian
a. Teknik : Hasil tes
b. Bentuk instrument : Pertanyaan tertulis
c. Prosedur penilaian : Penilaian individu yaitu keaktifan siswa dalam memberikan pertanyaan dan memjawab pertanyaan
yang diberikan,penilaian sikap dan kehadiran.
J. Instrumen Penilaian
1. Nyatakan m = 6 - x + 5 sebagai sebuah fungsi dalam p
2. Jika h : x -2x + 1 tentukan rumus fungsinya

Pembahasan Instrumen
1. Karena m adalah fungsi dari p, maka notasi fungsinya adalah f ( x ) = 6 - x + 5.
2. h : x -2x + 1 rumus fungsinya h ( x ) = -2x + 1



Makassar, 01 September 2010

Mahasiswa PPL


R A M L A H
NIM. 10536 1830 07

Mengetahui ;
Dosen Pembimbing Guru Pamong


Abdillah, S.Pd., M.Pd Ramasia, S.Pd
NIP. NIP.19631231.198403.2.087








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SMP KARTIKA WRB 2 MAKASSAR
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VIII / Gasal
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit

A. Standar Kompetensi
1.Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus
B. Kompetensi Dasar
1.4 Menentukan nilai fungsi
C. Indikator
3. Menghitung nilai fungsi
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menghitung nilai fungsi
B. Materi Pokok : Fungsi
C. Sumber / Bahan / Alat
1. Sumber / bahan
• Buku matematika SMP untuk kelas VIII (ERLANGGA halaman 70 – 72 )
• Buku referensi lain
• LKS ( halaman 18 – 19 )
2. Alat
• Alat tulis
D. Strategi Pembelajaran
• Model pembelajaran : Pembelajaran Langsung
• Metode pembelajaran : Ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas
E. Langkah – langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Guru membuka pelajaran dengan memberikan salam dan meminta ketua kelas untuk memimpin do’a.
b. Guru mengecek kehadiran siswa
c. Guru mempersiapkan siswa untuk belajar dan memberikan motivasi dengan menjelaskan pentingnya materi ini.
d. Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari dan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Guru mempresentasikan pengetahuan tentang cara menghitung nilai fungsi.
b. Memberikan contoh soal.
c. Beberapa orang siswa diminta kedepan untuk mengerjakan soal menghitung nilai fungsi dari LKS.
d. Guru mengarahkan siswa dalam menyelesaikan soal dengan benar.
e. Memberi penghargaan kepada siswa yang bisa menjawab soal dengan benar.
f. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal yang belum jelas diketahui dari materi yang dipelajari.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru mengarahkan siswa merangkum materi yang dipelajari
b. Memberikan Pekerjaan Rumah ( PR ) kepada siswa sebagai latihan
c. Menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan memotivasi siswa.
d. Guru mengakhiri pertemuan dengan mengucapkan salam.
F. Penilaian
a. Teknik : Hasil tes
b. Bentuk instrument : Pertanyaan tertulis
c. Prosedur penilaian : Penilaian individu yaitu keaktifan siswa dalam memberikan pertanyaan dan memjawab pertanyaan yang diberikan,penilaian sikap dan kehadiran.
G. Instrumen Penilaian
1. Suatu fungsi ditentukan dengan rumus adalah f ( x ) = - 2. Tentukan :
a. f ( 3 ) b. f ( 5 ) c. Nilai a jika f ( a ) = 2
2. Suatu fungsi ditentukan rumus h ( x ) = 8 x -5, Tentukan :
a. Nilai k jika h ( k ) = -4
b. Bayangan dari -2, 0, 2, dan 3.

Pembahasan Instrumen :

1. a. f ( x ) = – 2 c. Nilai a jika f ( a ) = 2
f ( 3 ) = – 2 f ( x ) = – 2
= 7 f ( a ) = – 2 = 2
= 4
a = 2

b. f ( x ) = – 2
f ( 5 ) = – 2
= 23

2. rumus h ( x ) = 8 x -5
a. Nilai k jika h ( k ) = - 4
h ( x ) = 8 x – 5
h ( k ) = 8 k – 5 = -4
8 k = -4 + 5
8 k = 1
k =
b. bayangan dari -2, 0 ,2, dan 3
 Bayangan -2 dari h ( x ) = 8 x -5
h ( -2 ) = 8 ( -2 ) -5
= -21
 Bayangan 0 dari h ( x ) = 8 x -5
h ( 0 ) = 8 ( 0) -5
= -5
 Bayangan 2 dari h ( x ) = 8 x -5
h ( 2 ) = 8 ( 2 ) -5
= 16 - 5
= 11
 Bayangan 3 dari h ( x ) = 8 x -5
h ( 3 ) = 8 (3 ) -5
= 24 - 5
= 19



Makassar, 20 Agustus 2010

Mahasiswa PPL


R A M L A H
NIM. 10536 1830 07

Mengetahui ;
Dosen Pembimbing Guru Pamong


Abdillah, S.Pd., M.Pd Ramasia, S.Pd
NIP. NIP.19631231.198403.2.087












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SMP KARTIKA WRB 2 MAKASSAR
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VIII / Gasal

Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit

A. Standar Kompetensi
1.Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus
B. Kompetensi Dasar
1.4 Menentukan nilai fungsi
C. Indikator
4. Menentukan bentuk fungsi jika nilai dan data fungsi diketahui
D. Tujuan Pembelajaran
 Siswa dapat menentukan bentuk fungsi jika nilai dan data fungsi diketahui.
E. Materi Pokok : Fungsi
F. Sumber / Bahan / Alat
1. Sumber / bahan
• Buku matematika SMP untuk kelas VIII (ERLANGGA halaman 53 – 57)
• Buku referensi lain
• LKS ( halaman 19 – 21 )
2. Alat
• Alat tulis
G. Strategi Pembelajaran
• Model pembelajaran : Pembelajaran Langsung
• Metode pembelajaran : Ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas
H. Langkah – langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Guru membuka pelajaran dengan memberikan salam dan meminta ketua kelas untuk memimpin do’a.
b. Guru mengecek kehadiran siswa
c. Guru membahas PR yang sulit dan siswa diminta mengingat kembali materi pada pertemuan sebelumnya
d. Guru mempersiapkan siswa untuk belajar dan memberikan motivasi dengan menjelaskan pentingnya materi ini.
e. Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari dan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Guru mempresentasikan pengetahuan menentukan bentuk fungsi jika nilai dan data fungsi diketahui
b. Memberikan contoh soal
c. Beberapa orang siswa diminta kedepan untuk mengerjakan soal menentukan bentuk fungsi dari LKS
d. Guru mengarahkan siswa dalam menyelesaikan soal dengan benar.
e. Memberi penghargaan kepada siswa yang bisa menjawab soal dengan benar.
f. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal yang belum jelas diketahui dari materi yang dipelajari.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru mengarahkan siswa merangkum materi yang dipelajari
b. Memberikan tugas belajar kelompok di rumah dimana guru telah membagi kelompok secara heterogen terdiri atas 5 orang.
c. Menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan memotivasi siswa.
d. Guru mengakhiri pertemuan dengan mengucapkan salam.
I. Penilaian
a. Teknik : Hasil tes
b. Bentuk instrument : Pertanyaan tertulis
c. Prosedur penilaian : Penilaian individu yaitu keaktifan siswa dalam memberikan pertanyaan dan memjawab pertanyaan yang diberikan,penilaian sikap dan kehadiran.
J. Instrumen Penilaian
1. Fungsi h dinyatakan dengan rumus h ( x ) = px + q, jika h ( 4 ) = -28 dan h ( -5 ) = 26, tentukanlah :
a. Nilai p dan q
b. Bentuk fungsinya
c. H ( -2 )

Pembahasan instrument :

1. a.h ( 4 ) = 4p + q = -28…..(1)
h ( -5 ) = -5p + q = 26 …..(2) _
9 p = -54
P =
P = -6
Subtitusi nilai p ke persamaan 1:
4p + q = -28
4(-6 ) + q = -28
-24 + q = -28
q = -28 + 24
q = -4

b. h ( x ) = px + q
h ( x ) = -6x -4

c. h ( -2 ) = -6 (-2) -4
=12 – 4
= 8



Makassar, 22 September 2010

Mahasiswa PPL


R A M L A H
NIM. 10536 1830 07

Mengetahui ;
Dosen Pembimbing Guru Pamong


Abdillah, S.Pd., M.Pd Ramasia, S.Pd
NIP. NIP.19591231.198602.1.064














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SMP KARTIKA WRB 2 MAKASSAR
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VIII / Gasal
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit

A. Standar Kompetensi
1.Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus
B. Kompetensi Dasar
1.5 Membuat sketsa grafik fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat Cartesius
C. Indikator
5.Menyusun tabel pasangan nilai peubah dengan nilai fungsi
D. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat membuat tabel pasangan nilai peubah dengan nilai fungsi
E. Materi Pokok : Fungsi
F. Sumber / Bahan / Alat
1. Sumber / bahan
• Buku matematika SMP untuk kelas VIII (ERLANGGA halaman 73 – 74)
• Buku referensi lain
• LKS ( halaman 21 - 22 )
2. Alat
• Alat tulis
G. Strategi Pembelajaran
• Model pembelajaran : Pembelajaran Langsung
• Metode pembelajaran : Ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas
H. Langkah – langkah Pembelajaran
3. Kegiatan Awal
a. Guru membuka pelajaran dengan memberikan salam dan meminta ketua kelas untuk memimpin do’a.
b. Guru mengecek kehadiran siswa
c. Guru membahas PR yang sulit
d. Guru mempersiapkan siswa untuk belajar dan memberikan motivasi dengan menjelaskan pentingnya materi ini.
e. Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari dan tujuan pembelajaran.
4. Kegiatan Inti
a. Guru mempresentasikan pengetahuan tentang menyusun tabel pasangan nilai peubah dengan nilai fungsi
b. Memberikan contoh soal
c. Beberapa orang siswa diminta kedepan untuk mengerjakan soal menentukan bentuk fungsi dari LKS
d. Guru mengarahkan siswa dalam menyelesaikan soal dengan benar.
e. Memberi penghargaan kepada siswa yang bisa menjawab soal dengan benar.
f. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal yang belum jelas diketahui dari materi yang dipelajari.
5. Kegiatan Akhir
a. Guru mengarahkan siswa merangkum materi yang dipelajari
b. Memberikan Pekerjaan Rumah ( PR ) kepada siswa sebagai latihan
c. Menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan memotivasi siswa.
d. Guru mengakhiri pertemuan dengan mengucapkan salam.
I. Penilaian
a. Teknik : Hasil tes
b. Bentuk instrument : Pertanyaan tertulis
c. Prosedur penilaian : Penilaian individu yaitu keaktifan siswa dalam memberikan pertanyaan dan memjawab pertanyaan yang diberikan,penilaian sikap dan kehadiran.
J. Instrumen Penilaian
1. Diketahui f ( x ) = 3 x – 2, buatlah table fungsinya dari himpunan { -2, -1, 0, 1, 2, 3 } ke himpunan bilangan bulat !

Pembahasan Instrumen :
1. f ( x ) = 3 x – 2
X -2 -1 0 1 2 3
3x - 2 -8 -5 -2 1 4 7

Jadi pasangan berurutan {(-2, -8 ), (-1, -5 ), ( 0, -2 0, ( 1, 1 ), ( 2, 4 ), ( 3, 7 ) }




Makassar, 24 September 2010

Mahasiswa PPL


R A M L A H
NIM. 10536 1830 07

Mengetahui ;
Dosen Pembimbing Guru Pamong


Abdillah, S.Pd., M.Pd Ramasia, S.Pd
NIP. NIP.19631231.198403.2.087





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SMP KARTIKA WRB 2 MAKASSAR
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VIII / Gasal
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit

A. Standar Kompetensi
1.Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus
B. Kompetensi Dasar
1.6 Menentukan gradien persamaan dari grafik garis lurus
C. Indikator
1. Mengenal pengertian gradien garis lurus
D. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengenal pengertian gradien garis lurus
E. Materi Pokok : Garis lurus
F. Sumber / Bahan / Alat
1. Sumber / bahan
• Buku matematika SMP untuk kelas VIII (ERLANGGA halaman 104 – 105)
• Buku referensi lain
• LKS ( halaman 27 - 28 )
2. Alat
• Alat tulis
• Alat peraga
G. Strategi Pembelajaran
• Model pembelajaran : Pembelajaran Langsung
• Metode pembelajaran : Ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas
H. Langkah – langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Guru membuka pelajaran dengan memberikan salam dan meminta ketua kelas untuk memimpin do’a.
b. Guru mengecek kehadiran siswa
c. Guru mempersiapkan siswa untuk belajar dan memberikan motivasi dengan menjelaskan pentingnya materi ini.
d. Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari dan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Dengan media gambar, guru mempresentasikan pengetahuan tentang pengertian gradien garis lurus
b. Memberikan contoh soal
c. Beberapa orang siswa diminta kedepan untuk mengerjakan soal dari LKS
d. Guru mengarahkan siswa dalam menyelesaikan soal dengan benar.
e. Memberi penghargaan kepada siswa yang bisa menjawab soal dengan benar.
f. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal yang belum jelas diketahui dari materi yang dipelajari.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru mengarahkan siswa merangkum materi yang dipelajari
b. Memberikan Pekerjaan Rumah ( PR ) kepada siswa sebagai latihan
c. Menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan memotivasi siswa.
d. Guru mengakhiri pertemuan dengan mengucapkan salam.
I. Penilaian
Teknik : Hasil tes
Bentuk instrument : Pertanyaan tertulis
Prosedur penilaian : Penilaian individu yaitu keaktifan siswa dalam memberikan pertanyaan dan memjawab pertanyaan yang diberikan,penilaian sikap dan kehadiran.



J. Instrumen Penilaian

Dari gambar di atas, tentukan
a. mAB
b. mCD
c. mEF
d. mGH
e. mJK A
D


C
H
E




B F K G
J
Pembahasan Instrumen :
a. mAB = = -3 c. mEF = = 4
b.mCD = = d. mGH = =
e. mJK = =
Makassar, 06 Oktober 2010
Mahasiswa PPL

R A M L A H
NIM. 10536 1830 07

Mengetahui ;
Dosen Pembimbing Guru Pamong


Abdillah, S.Pd., M.Pd Ramasia, S.Pd
NIP. NIP.19631231.198403.2.087

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP KARTIKA WRB 2 MAKASSAR
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VIII / Gasal
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit

A. Standar Kompetensi
1.Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus
B. Kompetensi Dasar
1.6 Menentukan gradien persamaan dari grafik garis lurus
C. Indikator
1. Menentukan gradien garis lurus dalam berbagai bentuk garis
D. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menentukan gradien garis lurus dalam berbagai bentuk garis
E. Materi Pokok : Garis lurus
F. Sumber / Bahan / Alat
1. Sumber / bahan
• Buku matematika SMP untuk kelas VIII ( ERLANGGA halaman 105 – 112 )
• Buku referensi lain
• LKS ( halaman 28 - 32 )
3. Alat
• Alat tulis
G. Strategi Pembelajaran
• Model pembelajaran : Pembelajaran Langsung
• Metode pembelajaran : Ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas
H. Langkah – langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Guru membuka pelajaran dengan memberikan salam dan meminta ketua kelas untuk memimpin do’a.
b. Guru mengecek kehadiran siswa
c. Guru membahas PR yang sulit dan siswa diminta mengingat kembali materi pada pertemuan sebelumnya.
d. Guru mempersiapkan siswa untuk belajar dan memberikan motivasi dengan menjelaskan pentingnya materi ini.
e. Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari dan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Guru mempresentasikan pengetahuan tentang gradien garis lurus dalam berbagai bentuk garis
b. Memberikan contoh soal
c. Guru memberikan soal latihan ( tugas ) dari LKS dan membimbing siswa mengerjakan soal apabila ada yang mengalami kesulitan.
d. Mengumpulkan tugas siswa.
e. Beberapa orang siswa diminta kedepan untuk mengerjakan soal latihan menentukan gradien garis lurus dalam berbagai bentuk garis dari LKS
f. Guru mengarahkan siswa dalam menyelesaikan soal dengan benar.
g. Memberi penghargaan kepada siswa yang bisa menjawab soal dengan benar.
h. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal yang belum jelas diketahui dari materi yang dipelajari.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru mengarahkan siswa merangkum materi yang dipelajari
b. Memberikan Pekerjaan Rumah ( PR ) kepada siswa sebagai latihan
c. Menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan memotivasi siswa.
d. Guru mengakhiri pertemuan dengan mengucapkan salam.
I. Penilaian
Teknik : Hasil tes
Bentuk instrument : Pertanyaan tertulis
Prosedur penilaian : Penilaian individu yaitu keaktifan siswa dalam memberikan pertanyaan dan memjawab pertanyaan yang diberikan,penilaian sikap dan kehadiran.
J. Instrumen Penilaian
1. Tentukan gradient garis yang melalui titik ( 0,0 ) dan
a. A ( -2,3 ) c. C ( 6, 3 ) e. E ( -2,4 )
b. B ( -4, -3 ) d. D ( 5,10 )
2. Tentukan gradient garis yang melalui titik di bawah ini :
a. ( 4,6 ) dan ( -2, 3 ) c. ( -1,2 ) dan ( 3, 4 )
b. ( -4,-3 ) dan ( 4, 3 ) d. ( 6,8 ) dan ( -7, 4 )
3. Tentukan gradien garis dengan persamaan garis di bawah ini :
a. -2 x + 4 y + 8 = 0 b. 5 x + 10 y + 25 = 0

Pembahasan Instrumen :
1. y = mx m = melalui titik ( 0,0 )
a. A ( -2,3 ) m = =
b B ( -4,-3 ) m = =
c. C ( 6,3 ) m = =
d. D ( 5,10 ) m = = 2
e. E (-2,4 ) m = = -2
2. m =
a. ( 4,6 ) dan ( -2, 3 ) m =
b. (-4,-3 ) dan ( 4, 3 ) m =
c. ( -1,2 ) dan ( 3, 4 ) m =
d. ( 6,8 ) dan ( -7, 4 ) m =
3. Gradien garis dengan persamaan garis
a. -2 x + 4 y + 8 = 0 , a = -2 b = 4 c = 8

m =

b. 5 x + 10 y + 25 = 0 a = 5 b = 10 c = 25

m =

Makassar, 08 Oktober 2010
Mahasiswa PPL


R A M L A H
NIM. 10536 1765 07


Mengetahui ;
Dosen Pembimbing Guru Pamong


Abdillah, S.Pd., M.Pd Ramasia, S.Pd
NIP. NIP.19631231.198403.2.087
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP KARTIKA WRB 2 MAKASSAR
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VIII / Gasal
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit

A. Standar Kompetensi
1.Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus
B. Kompetensi Dasar
1.6 Menentukan gradien persamaan dari grafik garis lurus
C. Indikator
2. Menentukan gradien persamaan garis lurus yang melalui dua titik.
D. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menentukan gradien persamaan garis lurus yang melalui dua titik.
E. Materi Pokok : Garis lurus
F. Sumber / Bahan / Alat
1. Sumber / bahan
• Buku matematika SMP untuk kelas VIII ( ERLANGGA halaman 116 – 119 )
• Buku referensi lain
• LKS ( halaman 34 - 36 )
2. Alat
• Alat tulis
G. Strategi Pembelajaran
• Model pembelajaran : Pembelajaran Langsung
• Metode pembelajaran : Ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas
H. Langkah – langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Guru membuka pelajaran dengan memberikan salam dan meminta ketua kelas untuk memimpin do’a.
b. Guru mengecek kehadiran siswa
c. Guru mempersiapkan siswa untuk belajar dan memberikan motivasi dengan menjelaskan pentingnya materi ini.
d. Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari dan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Guru mempresentasikan pengetahuan tentang gradien garis lurus dalam berbagai bentuk garis
b. Memberikan contoh soal
c. Beberapa orang siswa diminta kedepan untuk mengerjakan soal menentukan gradien garis lurus dalam berbagai bentuk garis dari LKS
d. Guru mengarahkan siswa dalam menyelesaikan soal dengan benar.
e. Memberi penghargaan kepada siswa yang bisa menjawab soal dengan benar.
f. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal yang belum jelas diketahui dari materi yang dipelajari.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru mengarahkan siswa merangkum materi yang dipelajari
b. Memberikan tugas belajar kelompok di rumah dimana guru telah membagi kelompok secara heterogen terdiri atas 5 orang.
c. Menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan memotivasi siswa.
d. Guru mengakhiri pertemuan dengan mengucapkan salam.
I. Penilaian
Teknik : Hasil tes
Bentuk instrument : Pertanyaan tertulis
Prosedur penilaian : Penilaian individu yaitu keaktifan siswa dalam memberikan pertanyaan dan memjawab pertanyaan yang diberikan,penilaian sikap dan kehadiran.
J. Instrumen Penilaian
1. Tentukan persamaan garis lurus yang melalui titik ( 2,4 ) dan ( 4,3 ) !

Pembahasan Instrumen :
1. titik ( 2,4 ) dan ( 4,3 ) persamaan garis lurusnya :
=
=
=
2 (y – 4 ) = - ( x – 2 )
2y – 8 = -x + 2
x + 2y – 10 = 0



Makassar, 11 Oktober 2010

Mahasiswa PPL


R A M L A H
NIM. 10536 1830 07


Mengetahui ;
Dosen Pembimbing Guru Pamong


Abdillah, S.Pd., M.Pd Ramasia, S.Pd
NIP. NIP.19631231.198403.2.087


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP KARTIKA WRB 2 MAKASSAR
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VIII / Gasal
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit

A. Standar Kompetensi
1.Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus
B. Kompetensi Dasar
1.6 Menentukan gradien persamaan dari grafik garis lurus
C. Indikator
2.Menentukan persamaan garis lurus melalui satu titik dengan gradien tertentu
D. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menentukan persamaan garis lurus melalui satu titik dengan gradien tertentu
E. Materi Pokok : Garis lurus
F. Sumber / Bahan / Alat
1. Sumber / bahan
• Buku matematika SMP untuk kelas VIII ( ERLANGGA halaman 115 – 116 )
• Buku referensi lain
• LKS ( halaman 33 - 34 )
2. Alat
• Alat tulis
G. Strategi Pembelajaran
• Model pembelajaran : Pembelajaran Langsung
• Metode pembelajaran : Ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas
H. Langkah – langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Guru membuka pelajaran dengan memberikan salam dan meminta ketua kelas untuk memimpin do’a.
b. Guru mengecek kehadiran siswa
c. Guru mempersiapkan siswa untuk belajar dan memberikan motivasi dengan menjelaskan pentingnya materi ini.
d. Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari dan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Guru mempresentasikan pengetahuan tentang gradien garis lurus dalam berbagai bentuk garis
b. Memberikan contoh soal
c. Guru memberikan soal latihan ( tugas ) dari LKS dan membimbing siswa mengerjakan soal apabila ada yang mengalami kesulitan.
d. Mengumpulkan tugas siswa.
e. Beberapa orang siswa diminta kedepan untuk mengerjakan soal latihan menentukan gradien garis lurus dalam berbagai bentuk garis dari LKS
f. Guru mengarahkan siswa dalam menyelesaikan soal dengan benar.
g. Memberi penghargaan kepada siswa yang bisa menjawab soal dengan benar.
h. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal yang belum jelas diketahui dari materi yang dipelajari.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru mengarahkan siswa merangkum materi yang dipelajari
b. Memberikan Pekerjaan Rumah ( PR ) kepada siswa sebagai latihan
c. Menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan memotivasi siswa.
d. Guru mengakhiri pertemuan dengan mengucapkan salam.
I. Penilaian
Teknik : Hasil tes
Bentuk instrument : Pertanyaan tertulis
Prosedur penilaian : Penilaian individu yaitu keaktifan siswa dalam memberikan pertanyaan dan memjawab pertanyaan yang diberikan,penilaian sikap dan kehadiran.
J. Instrumen Penilaian
1. Tentukan persamaan garis lurus dengan gradient -3 dan melalui titik ( 4,3 ) !

Pembahasan Instrumen :
1. Diket : m = -3 dan titik ( 4,3 )
Persamaan garis lurusnya : y – y1 = m ( x – x1 )
y – 3 = -3 ( x – 4 )
y – 3 = -3x + 4
y = -3x + 4 + 3
y = -3x + 7

Makassar, 13 Oktober 2010
Mahasiswa PPL

R A M L A H
NIM. 10536 1830 07


Mengetahui ;
Dosen Pembimbing Guru Pamong


Abdillah, S.Pd., M.Pd Ramasia, S.Pd
NIP. NIP.19631231.198403.2.087

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar